Bestprofit Futures - Brand Value Tertinggi di Indonesia
Merek rokok Sampoerna terpilih menjadi merek paling berharga di Indonesia tahun 2014 versi perusahaan konsultan Brand Finance. Demikian disampaikan Managing Director Brand Finance Asia Pasifik Samir Dixit, dikutip dari beritasatu.com.
"Sampoerna
mempertahankan diri sebagai merek paling berharga di Indonesia. Merek
rokok Sampoerna memiliki nilai US$2,25 miliar (Rp 26,12 triliun). Nilai
ini memiliki rasio 12 persen dibandingkan nilai perusahaan secara
keseluruhan (US$18,51 miliar)," kata Samir.
Di posisi kedua ditempati oleh Telkom Indonesia yang mereknya memiliki nilai (brand value) US$1,92 miliar dan di posisi ketiga ditempati oleh Bank Mandiri dengan nilai merek sebesar US$1,66 miliar.
Di
posisi keempat dan kelima kembali ditempati oleh merek rokok Gudang
Garam dan Dji Sam Soe yang memiliki nilai merek US$1,32 miliar dan
US$1,11 miliar.
Brand value adalah royalti yang harus dibayar jika ada pihak lain yang ingin menggunakan merek tersebut.
"Masih
banyak perusahaan Indonesia yang belum menyadari pentingnya nilai
sebuah merek. Merek bisa digunakan untuk meningkatkan harga produk atau
mendorong penjualan," kata Samir.
Berikut adalah 10 besar merek paling berharga di Indonesia dan nilainya:
1. Sampoerna (US$2,25 miliar)
2. Telkom Indonesia ($1,92 miliar)
3. Bank Mandiri ($1,66 miliar)
4. Gudang Garam ($1,32 miliar)
5. Dji Sam Soe ($1,11 miliar)
6. Bank Rakyat Indonesia ($893 juta)
7. Bank BCA ($857 juta)
8. Perusahaan Gas Negara ($803 juta)
9. Bank Negara Indonesia ($780 juta)
10. Garuda Indonesia ($605 juta). (bn)
2. Telkom Indonesia ($1,92 miliar)
3. Bank Mandiri ($1,66 miliar)
4. Gudang Garam ($1,32 miliar)
5. Dji Sam Soe ($1,11 miliar)
6. Bank Rakyat Indonesia ($893 juta)
7. Bank BCA ($857 juta)
8. Perusahaan Gas Negara ($803 juta)
9. Bank Negara Indonesia ($780 juta)
10. Garuda Indonesia ($605 juta). (bn)
Posting Komentar