BESTPROFIT FUTURES - Kiat Mengembangkan Bisnis
Banyak para
pebisnis yang salah menerapkan kiat-kiat dalam membangun sebuah
bisnis, sehingga tidak berujung kesuksesan. Biasanya para pebisnis itu
memahami yang namanya kesuksesan itu, dapat dicapai dengan mendorong
suatu produk atau ide secara agresif sehingga memengaruhi aktivitas
menjual.
Kesalapahaman ini mendorong timbulnya
perilaku yang tidak tepat. Contohnya, orang menjadi suka
berbelit-belit, memaksakan kehendak dan agresif, atau terlalu banyak
bicara serta mudah mengiyakan sesuatu.
Aktivitas menjual dan memengaruhi sangat
tergantung pada bagaimana seseorang mengupayakan prilaku yang tepat,
yakni dengan menyeimbangkan antara keterbukaan dan ketegasan dengan
kehangatan dan kompetisi. Dan bila dikombinasikan dengan produk atau
merek yang bagus, hal ini dapat mendukung upaya pembangunan loyalitas
pelanggan.
Ada sebuah perusahaan yang berhasil menjadi sukses karena membangun
kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Sehingga perusahaan itu bisa
berkembang dan bertahan.Salah satu perusahaan itu adalah Harley-Davidson yakni mengatasi
turbelensi di masa lalu dengan membangun loyalitas pelanggan, yang
kemudian menjadi salah satu asetnya yang abadi. Harley-Davidson
merupakan salah satu pabrikan motor di Amerika terkemuka. Namun, pada
tahun 1980-an penjualannya mengalami penurunan tajam akibat persaingan
ketat dengan motor buatan Jepang yang lebih terjangkau dan berkualitas.
Pengetahuan akan kebutuhan pelanggan dan cara menarik emosi pelanggan
telah membantu Harley-Davidson dalam membangun kepercayaan dan ikatan
dengan pelanggan. Para manajer mereka bertemu dengan pelanggan secara
rutin di berbagai reli untuk mendemontrasikan model- model baru mereka.
Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dibuatlah iklan yang
memperkuat citra merek Harley-Davidson. Harley Owner’s Group (HOG)
adalah klub ke anggotaan untuk membangun loyalitas pelanggan, dimana dua
per tiga pelanggan selalu memperbaharui keanggotaan mereka. Secara
signifikan Harley-Davidson memastikan para pelanggannya mendapat manfaat
atas nilai yang mereka hargai .
Hasilnya, pelanggan mempercayai Harley-Davidson, dan kepercayaan ini
dimanfaatkan untuk membangun ikatan yang lebih kuat dan keutungan yang
semakin tinggi dalam sebuah lingkaran kebajikan. Maka saat ini,
Harley-Davidson memiliki tingkat loyalitas pelanggan sebesar 90%.
Bagaimana kiat-kiat untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan bagi bisnis Anda:
- Berikan pengalaman yang konsisten (dan idealnya “bermerek”) pada pelanggan setiap kali mereka berurusan dengan bisnis Anda.
- Perjelas penawaran, nilai apa yang Anda tawarkan pada pelanggan.
- Berikan insentif pada pelanggan baru agar mereka kembali dan melakukan pembelian lagi.
- Berikan penghargaan kepada loyalitas pelanggan tetap.
- Miliki daya saing, apa yang kelihatannya baik bagi Anda belum tentu demikian menurut pesaing Anda.
- Buatlah pengalaman pelanggan semudah dan semenyenangkan mungkin.
- Yakinkan pelanggan dengan penawaran layanan dan produk yang dapat diandalkan.
- Kembangkan proses secara terus-menerus berdasarkan masukan dari pelanggan.
- Tunjukan reliabilitas dengan bekerja sama dengan mitra dan berinvestasi pada sumber daya.
Semoga penerapan ide tersebut bisa membuat bisnis Anda terus maju dan berkembang.
Posting Komentar