Bestprofit Futures - Tips Mendapatkan Konsumen Baru
Banyak orang yang menganggap, memprospek pelanggan kerap diibaratkan
memancing hanya dengan tongkat dan tali pancing. Begitu pancing
dilempar ke sungai atau ke laut, pancingan akan menarik perhatian ikan.
Namun menurut Tom Hopkins, konsultan untuk superior sales training di
perusahaannya (Tom Hopkins International), yang sering dilupakan orang
adalah, memilih lokasi untuk melemparkan kail tersebut, dan umpan apa
yang disukai ikan.
Dalam hal memilih tempat memancing, misalnya, Anda perlu
menentukan kriteria pelanggan Anda. Seorang pelanggan ideal setidaknya
harus memenuhi lima kriteria berikut :
1. Usianya antara 25 dan 35 tahun
2. Menikah
3. Tinggal dalam radius 8 km dari lokasi toko Anda
4. Memiliki anak usia sekolah
5. Berkendara sejauh setidaknya 48 km setiap minggu
2. Menikah
3. Tinggal dalam radius 8 km dari lokasi toko Anda
4. Memiliki anak usia sekolah
5. Berkendara sejauh setidaknya 48 km setiap minggu
Bestprofit Futures - Menurut Hopkins, jika Anda tidak dapat menyebutkan paling
tidak lima karakteristik konsumen yang ingin Anda jangkau, bisnis Anda
tidak akan cepat berkembang. Untuk mendapatkan karakteristik
tersebut, coba amati tiga pelanggan Anda yang utama. Apa persamaan
mereka? Dari jawaban tersebut, Anda akan mengetahui karakteristik
pelanggan Anda.
Setelah itu, mulailah menggambarkan pelanggan Anda. Apakah
mereka remaja? Wirausahawan? Atau perempuan usia matang? Pikirkan
tentang mereka sebagai kelompok pelanggan. Anda mungkin memiliki
layanan yang disukai remaja, tetapi siapa yang menginvestasikan
uangnya? Pasti orangtuanya. Maka Anda akan membutuhkan lebih dari satu
strategi pemasaran untuk melakukan penjualan.
Bestprofit Futures - Setelah itu, Anda perlu mencari cara untuk menjangkau
calon konsumen Anda ini. Jika Anda mengincar ibu rumah tangga, dimana
Anda dapat menemukan mereka selain di sekolah? Bisa jadi di
hipermarket, minimarket, tempat cuci mobil, tempat senam, atau di
kedai-kedai makanan. Di tempat-tempat ini Anda bisa menempelkan poster
atau flyer usaha Anda di bulletin board-nya,
terutama yang lokasinya dekat dengan sekolah. Jangan lupa, perempuan
adalah mahluk yang impulsif. Mereka mudah tergoda dengan brosur-brosur
penawaran produk.
Bila segmen dari produk Anda adalah perempuan dengan penghasilan tinggi, dimana mereka bisa Anda temui? Apakah di restoran fine dining,
di tempat-tempat pelangsingan tubuh, atau di klinik-klinik
kecantikan? Tempat-tempat ini mungkin tidak memungkinkan Anda untuk
sembarangan menempelkan atau membagikan brosur. Tetapi coba cari dimana
biasanya terdapat papan tempat mengiklankan produk. Anda juga bisa
mencoba membuat mailing list untuk orang-orang yang menjadi member di tempat pelangsingan, klinik kecantikan, atau pusat kebugaran tersebut.
Namun, cara termudah untuk mendapatkan pelanggan baru
adalah dengan meminta nama-nama mereka dari pelanggan yang sudah ada.
Anda hanya perlu memintanya. Anda tentu tidak bisa langsung meminta
nama teman-teman dari pelanggan Anda. Tanyalah, misalnya, "Biasanya
kalau lagi ke klinik sama siapa saja, Bu?" Atau, "Teman-teman Ibu
sudah punya perlengkapan yang dibutuhkan untuk senam atau belum?".
Bestprofit Futures - Cara lain adalah dengan menawarkan diskon khusus untuk pelanggan, jika mereka mau membawa konsumen baru. Konsepnya semacam member get member.
Bila mereka membawa satu pelanggan, akan mendapatkan bonus produk
tertentu. Bonus akan bertambah besar bila mereka membawa pelanggan baru
lebih banyak. Kunci dari pemberian bonus atau gimmick semacam
ini adalah menawarkan sesuatu yang cukup bermanfaat bagi pelanggan,
sehingga mereka bersedia mengajak teman untuk ikut menggunakan produk
atau jasa Anda.
Anda bisa bekerjasama dengan kedai kopi atau toko buku tertentu, misalnya, untuk memberikan gift voucher bagi pelanggan. Dengan demikian, Anda juga akan mendapat balasan promosi dari pemilik bisnis yang Anda ajak kerjasama.
Posting Komentar